Khusuknya Lagu-lagu Ramadan

Admin 21.7.13


Ramadan adalah bulan suci yang dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam di dunia. Pada bulan ini setiap muslim diwajibakn berpuasa, dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Namun bukan hanya harus berpuasa saja, penyanyi muslim pun ikut berlomba-lomba meluncurkan single atau album bernuansa Ramadan.

Siapa sajakah musisi yang meluncurkan lagu Ramadan? Sebut saja musisi langganan di bulan suci seperti Wali, Maher Zain, Opick,iHaqi Nasyid, Slank, hingga Ahmad Dhani lewat band barunya The Law. Selain musisi yang sudah rutin membuat single Ramadan, ada juga beberapa nama baru yang ikut meramaikan indahnya musik Ramadan. Mereka adalah Fatin (pemenang X Factor Indonesia) dan Shandy Sondoro.



Kekhusyukan Fatin, Shandy, dan Maher melantunkan lagu Islami, di tahun ini bisa dinikmati hanya dalam satu album. Label Sony Music Entertainment Indonesia yang menaungi ketiga penyanyi tersebut, pada Senin (15/7) merilis album berjudul The Best Of Islamic Music Vol.2. Album kompilasi ini memperdengarkan beberapa single religi terbaru seperti dari Maher Zain (Ramadan dan Love Will Prevail), Fatin Shidqia (Kekasihmu), dan Shandy Sondoro (Persembahan UntukMu).

Selain empat lagu andalan di atas, album dengan format 2 CD ini juga berisikan 16 lagu bertema Islami yang dibawakan secara apik oleh musisi-musisi religi dunia.

Khusus untuk single terbaru Maher berjudul Ramadan, diungkapkan sang penyanyi dalam jumpa pers merupakan sebuah ungkapan sukacita. Maher mengajak semua umat muslim untuk semakin mencintai bulan yang penuh hidayah dan keberkahan ini.

"Saya selalu bahagia menyambut Ramadan. Saya cinta Ramadan. Karena itu ketika harus membuat lagu Ramadan, alangkah sukacitanya hati saya. Dan rasa bahagia itu ternyata menular ke hati muslim dan muslimah di dunia. Buktinya lagu Ramadan hanya dalam hitungan jam sudah didengar dan ditonton lebih dari 100.000 kali," ungkap Maher dengan wajah yang penuh syukur.

Berbeda dengan Maher, Fatin dan Shandy di album kompilasi ini justru mengambil posisi sebagai "pemain baru". Apalagi untuk Fatin yang baru menjadi pemenang X Factor Indonesia, lagu Kekasih Mu ini menjadi karya religi perdananya.

Senada dengan Fatin, Shandy pun mengungkapkan kelegaan hatinya karena bisa merilis single Persembahan Untuk Mu. Penyanyi yang lebih dulu dikenal di Jerman ini, ternyata memiliki impian untuk menyanyikan lagu religi. Inspirasi membuat lagu religi tersebut bahkan sudah tercetus sejak Februari 2012.

"Ketika aku pulang dari Berlin, dan mampir di Istanbul ide membuat lagu itu muncul. Sambil memetik gitar di Blue Mosque Turki, lagu Persembahan Untuk Mu tercipta. Aku berharap semoga lewat lagu religi perdana ini, banyak orang yang bisa merasakan atau menemukan pengalaman spiritual bersama Allah," lontar Shandy.

Nasyid
Bukan hanya Shandy, Fatin, dan Maher, keragaman album religi juga diwarnai oleh album iHaqi Nasyid 3. Album yang diluncurkan pada Rabu (17/7) di Sae Institute Jakarta FX Senayan, diwarnai oleh Erick Yusuf, Dany Jive, Rida (ex RSD), dan Zaki.

Album dengan konsep berdakwah ini menjagokan single berjudul Alhamdulillah. Single dengan vokalis keroyokan yakni Erick, Yusuf, Dany, Zaki, dan Rida bertutur tentang ekspresi rasa syukur. Beberapa kutipan ayat-ayat Al-Quran menjadi kekuatan lagu Alhamdulillah.

"Aku senang bisa ambil bagian dalam album iHaqi Nasyid 3 ini. Apalagi sekarang aku sudah berhijab. Jadi apapun yang masih berkaitan dengan Islam dan membagikan kebaikan, aku sangat antusias," lontar Rida mantan vokalis kelompok vokal Rida Sita Dewi (RSD), saat ditemui SP di Sae Institute.

Berbeda dengan Rida yang berdakwah lewat lagu, Slank, The Law, dan Wali justru lebih nyaman menyanyikan lagu religi dengan konsep ringan. The Law misalnya menyanyikan lagu berjudul Nungguin Magrib. Lagu yang diproduseri Ahmad Dhani ini melibatkan semua artis RCM dalam video klipnya.

Sementara itu Wali sebagai band pop melayu menjagokan lagu Si Udin Bertanya. Lagu ini masih tetap menonjolkan ciri khas Wali, yang senang bercerita dalam setiap liriknya.


Related Post:

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment