12.10.13

Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Puasa Sunnah 8 dan 9 Dzulhijjah

Hari raya Idul Adha 2013 sebentar lagi akan kita rayakan. Hari raya ini idenditk dengan hari raya Qurban, karena kita disunnahkan untuk melaksanakan ibadah Qurban bagi yang mampu. Hari raya ini juga disebut hari raya Haji, karena ada sebagian umat muslim dari seluruh penjuru dunia berkumpul di Mekkah untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima

Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Puasa Sunnah 8 dan 9 Dzulhijjah

Sebelum kita merayakan hari raya Idul Adha, yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah, kita terlebih dahulu disunnahkan untuk menjalakannya puasa sunnah semala 2 hari yaitu puasa Arafah dan puasa Tarwiyah. Jadi untuk tahun ini yang Idul Adha insya Allah jatuh pada hari selasa, 15 Oktober 2013 maka pelaksanaan puasanya pada tanggal 13 dan 14 Oktober 2013.

Puasa Arafah sangat dianjurkan walaupun hukum puasanya adalah sunnah. Karena sebagai penghormatan bagi saudara – saudara kita yang sedang menlaksanakan wukuf di padang Arafah. Sedangkan puasa Tarwiyah dilaksanakan sebelumnya yaitu tanggal 8 Dzulhijjah.

Hadist puasa Arafah
Dari Abi Qaladah Radhiyallahu ‘Anhu berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “ Puasa hari Arafah menghapuskan dua tahun, yaitu tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya, puasa Asyura’ menghapuskan dosa tahun sebelumnya ”. ( HR Jamaah, kecuali Buchari dan Tarmizy )

Bacaan niat puasa Arafah
Arab : Nawaitu Sauma Arafah Sunnatan Lillahi Ta’ala
Indonesia : Saya niat puasa Arafah Sunnah karena Allah Ta’ala

Niat puasa Tarwyah
Arab : Nawaitu sauma tarwiyah sunnatan lillahi ta’ala
Indonesia : Saya niat puasa Arafah Sunnah karena Allah Ta’ala

Demikianlah bacaan niat puasa arafah dan puasa sunnah tarwiyah, semoga dapat memberikan pencerahan yang saat ini sahabat zona aneh masih bingung tentang niat puasa sunnah di hari arafah tersebut. Mudah – mudahan sahabat setia semua selalu diberi kesehatn untuk menjalankannya. Amin…

No comments:

Post a Comment