4 Pengusaha Muslim Ini Bertengger Di Daftar 40 Orang Terkaya Di Indonesia

Admin 16.3.14



Beberapa waktu lalu, citra agama islam di muka dunia sempat tercoreng akibat prilaku menyimpang para pemimpin besar. Ya, kasus korupsi penggandaan Al-Qur’an yang terjadi di Kementerian Agama tahun 2012 lalu tentu masih segar diingatan masyarakat Indonesia. Sungguh ironi, mengingat Indonesia adalah negara yang didominasi oleh pemeluk agama Islam. Meski begitu, ternyata masih banyak saudara kita sesama muslim mampu membuktikan bahwa mereka bisa kaya raya dengan menempuh cara yang halal.

Mereka adalah pengusaha-pengusaha muslim yang namanya tercantum dalam daftar 40 orang terkaya di Indonesia versi majalah bisnis terkemuka di Amerika. Ada empat nama yang berhasil masuk diantara pengusaha yang notabenenya non muslim. Siapa sajakah mereka? www.citydirectory.co.id Berikut ini daftar pengusaha-pengusaha muslim tersebut.

1. Chairul Tanjung

Si Anak Singkong. Begitulah julukan yang ia populerkan lewat buku biografinya. Anak kampung yang lahir di Jakarta pada 16 Juni 1962 ini sekarang dikenal sebagai pendiri sekaligus CEO dari CT Corp. CT Corp sendiri membawahi unit-unit bisnis yang fokus membidik segmen Keuangan, Properti dan Multimedia.

Dari kerajaan bisnisnya, total kekayaan yang tercatat yakni sebesar US$3,4 miliar atau sekitar Rp33 triliun. Ia pun menduduki posisi kelima.

Kesuksesan tersebut menurutnya tidaklah didapat dengan cara instan. Ini semua berkat human investment yang ia tanam sejak dahulu.

2. Achmad Hamami

Memutuskan terjun ke dunia bisnis, lulusan Angkatan Udara Belanda pada 1960 ini harus meninggalkan karir militernya. Ia memulai dengan membuka bimbingan belajar matematika khusus anak-anak.

Hingga pada tahun 1970 ia beralih ke bisnis alat berat dengan mendirikan PT Trakindo Utama. Namun, terlebih dahulu ia menjalani profesi sebagai agen Caterpilar. Seiring berjalannya waktu, bisnisnya kian berkembang. Kini, ia sudah memiliki dua anak perusahaan yang bernama PT Sanggar Sarana Baja dan PT Chandra Sakti Utama Leasing. Masing-masing dibangun pada tahun 1977 dan 1995.

Disebutkan bahwa total kekayaan yang dimiliki Achmad Hamami mencapai US$1,7 miliar, sekitar Rp 17 triliun. Ia pun berhasil menduduki posisi 16.

3. Garibaldi Tohir

Pria yang akrab disapa Boy Thohir ini merupakan Komisaris PT WOM Finance sekaligus Presiden Direktur di Adaro Energy. Debutnya dalam dunia bisnis dimulai sejak tahun 1992 ketika ia bergabung dengan PT Allied Indocoal, perusahaan batu bara yang berbasis di Sumatra Barat. Atas kerja kerasnya bersama dengan Adaro Energy, ia kini berhasil menguasai 30% pasar batu bara di Indonesia.

Lulusan Northrop University, Amerika Serikat, ini tercatat memiliki kekayaan US$1,5 miliar atau sekitar Rp15 triliun. Namanya pun berada dalam posisi ke 28.

4. Aksa Mahmud

Fokus menggeluti bisnis di bidang produksi semen, ia berhasil mendirikan kerajaan bisnis bernama Bosawa Group. Dimulai dengan menggunakan sistem full mix, kini ia sudah mampu menjadi penyalur ready mix yang paling besar di Indonesia Timur.

Atas kesuksesan tersebut, ia memiliki kekayaan mencapai US$820 juta atau sekira Rp8,02 triliun. Namanya ada diurutan ke 34.

Demikianlah daftar pengusaha-pengusaha muslim yang mampu menunjukkan eksistensinya masuk dalam jajaran orang terkaya dunia.

Related Post:

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment