7.5.14

Indahnya Bahasa Arab


Salah satu keistimewaan bahasa Arab adalah adanya i’rab. Dapat dikatakan i’rab adalah ciri khas dari bahasa Arab. I’rab adalah perubahan bunyi akhir suatu kata dalam kalimat yang disebabkan oleh perbedaan ‘amil yang menyertainya, baik ‘amil yang disebut itu jelas maupun diperkirakan. Perbedaaan ‘amil tersebut dapat mempengaruhi makna.

1. Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an. Allah berfirman :

إنا جعلناه قرآناً عربياً لعلكم تعقلون

“Sesungguhnya kami menjadikan Al-Qur’an dalam Bahasa Arab supaya kamu memahami[nya]” (Az Zukhruf :3).

2. Bahasa Arab adalah bahasa nabi Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa sallam- dan bahasa verbal para sahabat. Hadits-hadits Nabi yang sampai kepada kita dengan berbahasa arab. Demikian juga kitab-kitab fiqih, tertulis dengan bahasa ini. Oleh karena itu, penguasaan bahasa arab menjadi pintu gerbang dalam memahaminya.

3. Susunan kata bahasa Arab tidak banyak. Kebanyakan terdiri atas susunan 3 huruf saja. Ini akan mempermudah pemahaman dan pengucapannya.

4. Indahnya kosa kata Arab. Orang yang mencermati ungkapan dan kalimat dalam bahasa Arab, ia akan merasakan sebuah ungkapan yang indah dan gamblang, tersusun dengan kata-kata yang ringkas dan padat.

5. Dapat menambah kecerdasan. karena, ketika kita mempelajari bahasa arab ataupun membaca tulisan berbahasa arab, otak kita akan memproses apa yang kita baca dan lihat. Kita dituntut untuk menganalisis tiap kata yang ada. Kedudukannya, fungsinya, dan juga harokatnya.

Sekilas keistimewaan dari bahasa Arab. Dan inilah mengapa mempelajari bahasa Arab dapat meningkatkan kecerdasan. Semoga bermanfaat. [aldi/mading-abuhurairah]

No comments:

Post a Comment