7.6.14

5 Cara Atasi Anak Tantrum


Anak Anda sering marah tak jelas sebab dan tak henti-henti? Itu tantrum namanya. Tantrum merupakan tingkah laku anak dimana dia mengalami kemarahan luar biasa dengan karakteristik frustasi, dilanjutkan dengan menangis, berteriak, dan pergerakan badan yang berlebihan, termasuk melempar barang, menjatuhkan diri ke lantai dan lain-lain.

Beberapa penyebabnya adalah indikator masalah keluarga seperti disiplin yang tidak konsisten, mengkritik terlalu banyak, orang tua yang terlalu protektif atau lalai, anak-anak tidak memiliki cukup cinta dan perhatian dari orangtua mereka dan masih banyak lagi. Penyebab umum lainnya termasuk karena rasa lapar atau lelah.

Apabila anak Anda mengalami tantrum, Anda tidak usah risau. Anda dapat mengatasinya dengan cara berikut:

1. Jangan memarahi, karena justru akan membuat dia mengulangi lagi perbuatan itu. Tapi kalau Anda diam saja, ia tidak akan berubah. Coba, duduk di samping anak, katakan padanya untuk mengambil napas dalam-dalam. Jelaskan padanya bahwa perilakunya, seperti melempar barang atau membanting tubuhnya di lantai, adalah perbuatan tidak baik.

2. Jangan membujuk anak Anda dengan imbalan yang lain untuk menghentikan kemarahannya. Anak akan belajar untuk mendapatkan imbalan.

3. Sampaikan harapan Anda secara jelas, termasuk apa yang bisa ditolerir dan apa yang tidak. “Mama senang melihatmu asyik bermain, tapi kamu lebih manis kalau tidak berteriak-teriak. Cobalah memperdengarkan suaramu yang lembut pada Mama.”

4. Berikan pujian dan penghargaan perilaku bila tantrum telah selesai.

5. Tetap jaga komunikasi terbuka dengan anak Anda. [rika/islampos/Sumber: psikologizone/parenting]

No comments:

Post a Comment