9.12.14

Sujud, Terapi Otak yang Begitu Nikmat


Seberapa pentingnya sih sujud, sampai otak manusia membutuhkannya? 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sujud berarti "Berlutut serta meletakkan dahi ke lantai." Sujud merupakan salah satu gerakan dalam shalat. Shalat atau sujud dapat dikatakan penyembahan diri manusia terhadap Allah SWT sebagai rasa syukur. Shalat merupakan salah satu rukun iman ke 5 bagi umat Islam. Sebagai umatNYA sudah sepantasnya menjalankan perintah tersebut secara benar dan teratur.  

Namun umat Islam sendiri masih banyak yang mengabaikan, padahal sudah jelas-jelas ini merupakan perintah dari Sang Khalik. Kesibukan serta kesenangan duniawi rupanya merupakan alasan utama bagi umat Islam yang meninggalkan shalat.  

Perintah  shalat juga ada dalam Firman Allah pada surat Al Baqarah ayat 43"Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku." Ini merupakan salah satu FirmanNYA dalam Al Quran.   Imam Al Ghazali seorang ulama besar Islam mengatakan bahwa "Hal yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan shalat."

Jika ditelaah lebih dalam perkataan Imam Al Ghazali ini  memang benar, karena manusia seakan tidak ada beban dosa ataupun takut kepada Allah padahal ini merupakan perintah-NYA.  

Begitu dahsyatnya shalat hingga Allah menjadikannya sebagai rukun iman dan mengatakannya dalam Al Quran hingga berkali-kali.  

Shalat banyak mendatangkan kebaikan  bagi bagi manusia khusunya umat Islam, oleh karenanya Allah memberikan pahala bagi orang yang melaksanakannya. Namun Dia memberikan bonus bagi umatnya yang mengerjakan pada awal waktu dan berjamaah, apalagi jika melakukannya di Masjid, tentu makin berlipat ganda pahala yang diberikan Allah kepada kita.
  
Tapi jagan senang dahulu karena orang yang shalat juga masih bisa celaka, Allah berfirman dalam surat Al Maun ayat 4 dan 5 "Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari sholatnya." Maka shalatlah di awal waktu agar kita tidak  celaka nantinya .   
   
Dalam shalat sendiri ada tujuh gerakan yakni Takbiratul Ihram, ruku, I'tidal, sujud, duduk antara dua sujud, duduk tahitat dan terkahir salam. Disini semua gerakan penting karena jika salah satu tidak ada maka  tidak sah bagi shalat wajib dan percuma melaksanakan shalat. 

Namun, gerakan yang terpenting ialah saat dimana kita dalam keadaan sujud. bahwa salah satu dari gerakan shalat ini ternyata mengandung manfaat yang sangat luar biasa serta dibutuhkan manusia.   Salah seorang dokter neurologi  berkebangsaan Amerika merasa takjub akan sujud, karena di dalam sujud dia menemukan adanya hal yang luar biasa yang belum pernah ditemukan kalangan ilmuan.  

Dia telah meneliti cukup lama tentang urat syaraf yang ada di dalam diri manusia. Bahwa urat syaraf erat sekali kaitannya dengan darah yang mengalir, namun ada beberapa urat syaraf yang tidak dialiri darah.  

Lalu urat syaraf mana yang tidak dialiri darah dan kenapa itu bisa terjadi? 
Aliran darah sangat berpengaruh pada syaraf manusia, namun urat syaraf pada otak  tidak dialiri oleh darah.  
 
Dalam penelitiannya, urat syaraf dalam otak tidak dialiri darah karena kepala tidak sujud. Darah akan mengalir justru ketika manusia sedang sujud saat shalat.   Sejalan dengan yang diteliti dokter tersebut, Columbia University State juga ternyarta pernah meneliti akan syaraf otak. Ternyata benar, memang ada urat syaraf yang tidak dialiri oleh darah.

Urat syaraf pada otak hanya dialiri darah beberapa waktu saja, belum jelas kapan waktunya namun mereka beranggapan waktunya sekitar lima waktu yang dilakukan umat Islam yakni subuh, zuhur. Ashar, magrib dan isya.   Dengan penelitiannya yang cukup lama dan menghasilkan temuan yang luar biasa itu akhirnya dokter kebangsaan Amerika itu dengan yakin menyatakan diri untuk masuk Islam.  

Setelah menjadi Muallaf, justru seorang dokter ini semakin percaya akan Islam, begitupun dalam hal pengobatannya. Dia membuat metode-metode pengobatan yang ada dalam Al Quran seperti berpuasa, minum madu dan sebagainya..   Itulah sebab kenapa otak manusia membutuhkan sujud, agar urat syaraf yang ada diotak dapat mengalir karena kalau tidak mengalir pastinya akan menimbulkan penyakit. 

Dalam sujud juga kita disunahkan berdoa kepada Allah, karena saat itulah dimana kita berada paling dekat denganNYA. Maka, ketika  sujud janganlah terburu-buru untuk bangun karena selain dekat dengan Sang Maha Pencipta ini pula yang membuat aliran darah ke otak berjalan maksimal.   Begitu jelas manfaat sujud untuk kesehatan otak, jika sudah tau manfaatnya, masih mau meninggalkan shalat ?   

No comments:

Post a Comment