27.11.12

Beginilah Cara Muslim Irlandia Promosikan Islam

Beginilah Cara Muslim Irlandia Promosikan Islam

Komunitas Muslim Irlandia memanfaatkan pagelaran teater guna mempromosikan kehidupan muslimah. Drama berjudul 'Hijabi Monologues' itu bakal dipentaskan di Teater Axis, Ballymun, Dublin, pada perayaan tahun baru.

Sebelumnya, drama itu sukses besar saat dipentaskan di AS.CEO, Dewan Imigran Irlandia, Denise Charlton mengatakan lebih dari 49 ribu muslim memainkan peranan penting dalam masyarakat. Mereka terbilang sangat aktif dalam setiap aktivitas masyarakat Irlandia.

"Karena itu, melalui drama ini diharapkan kesalapahaman dapat diluruskan," papar dia seperti dikutip onislam.net, Senin (26/11).

Dalam garapan itu, Muslimah Irlandia diminta menyumbangkan pemikiran terkait alur cerita yang akan diproduksi. "Kami meminta perempuan, muslim dan non-muslim untuk memaparkan pengalamanan mereka. Kami percaya, mereka akan menceritakan hal yang mungkin sangat berguna bagi pencapaian tujuan drama ini," papar Charlton.

Charlton berharap melalui pengalaman ini akan membuat Irlandia lebih aktif mengeksplorasi isu-isu tentang Islam dan Muslim. Dengan demikian, Irlandia akan terhindar dari perpecahan yang menyebabkan konflik di negara-negara Eropa.

Karena itu, menurut Charlton, bahasan pokok dalam drama ini adalah tidak fokus pada isu jilbab melainkan coba untuk menitikberatkan pada peranan muslimah dalam membentuk komunitas beragam Irlandia. "Kami ingin memperluas cakupan pandangan pada iman, kelas, pendidikan, kehidupan Irlandia dan wilayah lainnya," kata dia.

Guna menyukseskan drama tersebut, Dewan Imigran menggandeng British Council. "Kami sangat bangga bisa membawa Hijabi Monologues ke Irlandia," ungkap perwakilan Bristis Council, Liz Mcbain.

Selama berpuluh-puluh tahun, Irlandia dikenal sebagai negara yang penduduknya banyak berpindah ke negara lain. Secara keseluruhan ada sekitar 32.500 warga muslim di Irlandia. Dari jumlah itu 55 persen yang berasal dari Asia dan Afrika, sedangkan 30,7 persen adalah warga asli Irlandia.

Mayoritas komunitas muslim di Irlandia adalah kalangan muslim Sunni dan sebagian kecil komunitas muslim Syiah, terutama di kota Dublin.

1 comment: