24.4.13

Yordania Tawarkan Kerjasama Wisata Religi


Melihat banyaknya warga negara Indonesia yang berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di kerajaan Yordania, Prof Dr Abdul Salam Al Abbadi, mantan Menteri Wakaf dan Urusan Islam Kerajaan Yordania menawarkan kepada Indonesia untuk menjalin kerja sama dalam bidang iwisata religi.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam jumpa pers seusai pembukaan Konferensi tentang Islam, Peradaban dan Perdamaian yang dibuka Menteri Agama Suryadharma Ali di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (23/4).

Dalam pertemuan tersebut, dimanfaatkan Abdul Al Abbadi untuk menjelaskan tentang tingginya animo warga Indonesia ke negeri yang penuh dengan sejarah Islam.

Menurut Al Abbadi, akan lebih baik jika jemaah haji Indonesia seusai menunaikan ritual haji, dapat menyempatkan diri untuk bertandang ke Yordania.

"Bisa dikemas dalam bentuk wisata berkelompok," pinta mantan Menteri Wakaf dan Urusan Islam Kerajaan Yordania itu.

Dirinya menjelaskan, Raja Yordania akan memfasilitasi Jemaah dari Indonesia jika menyempatkan untuk berkunjung ke Masjidil Aqsa. Karena itu diharapkan Indonesia dapat membuat program pariwisata ke Yordania lebih baik.

"Kami akan memberikan fasilitas bagi warga Indonesia," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Menteri Agama Suryadharma Ali memberi apresiasi kepada Kerajaan Yordania, khususnya Raja Abdullah, yang telah memelihara tempat-tempat bersejarah di negara itu.

Umat Islam di Indonesia memang sangat menaruh perhatian besar terhadap tempat sejarah Islam di kawasan Timur Tengah, termasuk di Yordania.

Pengetahuan tentang tempat bersejarah bagi umat Islam itu sudah diajarkan sejak umat Islam belajar di Pondok Pesantren dan Madrasah. Karena itu, ke depan, ia akan mengupayakan adanya program wisata religi ke Yordania.

No comments:

Post a Comment