3.12.13

Salib Raksasa 15m Diprotes Keras Umat Islam Sigi

Bangunan Salib raksasa setinggi 15 meter bertengger di puncak gunung Matantimali, kecamatan Marawola Barat, kabupaten Sigi. Itu akan menjadi salib terbesar se-Sulawesi Tengah jika proses pembangunan telah selesai.

Menurut pemantauan kontributor Muslimdaily.net, pada Ahad (24/11/2013), proses pembangunan salib raksasa itu hampir selesai. Pembangunan tugu salib raksasa diprakarsai oleh Gereja Balai Keselamatan (BK) dalam rangka peringatan 100 tahun masuknya misionaris BK ke Palu.

Salib Raksasa 15m Diprotes Keras Umat Islam Sigi
Pembangunan Salib Raksasa Matantimali kabupaten Sigi Sulawesi Tengah

Peletakan batu pertama pembangunan salib raksasa ini telah dimulai sejak akhir Mei lalu. Lokasi bakal tugu salib terbesar di Sulawesi Tengah ini berada di puncak gunung Matantimali di kecamatan Marawola Barat kabupaten Sigi, sekira 30 menit dari kota Palu ke arah Barat Daya dan dapat terlihat jelas dari kota Palu.

Umat Islam berkali-kali melakukan protes atas pembanguan salib raksasa tersebut. Puncaknya perwakilan ormas Islam dan pihak panitia pembangunan bertemu untuk mencari titik temu di ruangan Bupati Sigi, Ir Aswadin Randalembah, Jumat (2 /9/2013).

Pertemuan selama tiga jam itu menyepakati, pihak panitia pembangunan salib menyetujui untuk membongkar bangunan salib yang masih dalam tahap proses pembangunan, seperti dilansir Muslimdaily.net, Senin (25/11/2013).

Pengurus BK, Kolonel Pua dan pihak panitia pembanguan yang diwakili oleh Samuel Pongi sepakat dengan batas waktu yang diberikan pemerintah daerah melalui Bupati. Kesepakatan batas waktu pembongkaran pada 15 September 2013.

“Tugu tersebut sudah harus rata dengan tanah pada batas waktu tanggal,” kata salah seorang warga setempat.

Namun setelah dua bulan pasca kesepakatan hingga berita ini diturunkan, tugu salib tersebut masih tetap berdiri kokoh.(azm/http://www.arrahmah.com/news/2013/12/02/pembangunan-salib-15-picu-protes-keras-umat-islam-sigi.html)

No comments:

Post a Comment