Jalan Hidayah Aktris Nollywood Menemukan Islam

Admin 19.11.13


Aktris ternama Nigeria, Lizzy Anjorin mengejutkan jutaan fansnya. Ia menyatakan diri telah bersyahadat dan melabuhkan seluruh hatinya pada Islam. Pemenang berbagai penghargaan di dunia Nollywood itu pun kini mantap berislam dan telah berhijab.



“Islam selalu ada di hatiku sejak aku kecil. Ibuku merupakan seorang muslim, dan aku selalu bermimpi suatu hari dapat mempraktekkan apa yang dianut ibuku. Dan kini, hidayah telah datang dan inilah aku sekarang, Alhamdulillah,” ujarnya kepada OnIslam, mengabarkan keislamannya yang mengguncang dunia hiburan Nigeria. Senyumnya merekah, Lizzy begitu bahagia.

Lizzy merupakan putri tunggal dari seorang ibu muslim dan ayah nasrani. Sejak kecil, ia menganut agama sang ayah. Ia juga tumbuh besar dengan didikan sang ayah yang dekat dengan gereja. “Saat lahir, aku setengah muslim dan setengah Kristen. Ayahku seorang Kristen. Aku tumbuh dewasa dengan rutin ke gereja bersama ayah,” kata Lizzy, mengisahkan masa lalunya.

Demikian kehidupan spiritual Lizzy sejak kecil. Ia tak pernah menolak ajakan sang ayah. Ia bahkan memiliki nama baptis, Elizabeth. Begitu dekat kehidupan Lizzy dengan gereja, namun hatinya sangat dekat dengan agama sang ibu.

Menurut Lizzy, sejak kecil ia memang sudah tertarik dengan Islam sebagaimana yang dianut sang ibu. Namun ia tak dapat menolak ajakan ke gereja oleh sang ayah. “Aku pergi ke gereja bersama ayah, tapi kenyataannya, aku memiliki ketertarikan pada Islam,” tuturnya.

Kendati tertarik pada Islam, Lizzy tumbuh besar hingga dewasa tanpa pernah berfikir akan menjadi seorang muslim. Namun ia selalu dihantui pertanyaan hidup, apa yang sebetulnya ia inginkan. Kepopuleran ia dapatkan, harta pun mengalir dengan mudah, tetapi ia tak pernah bahagia.

Kehidupan Lizzy sempat suram di kala remaja. Ia hamil di luar nikah dan melahirkan seorang anak yang masih dirawatnya hingga kini. Belum lagi setelah ia masuk dunia hiburan, kehidupan Lizzy makin hitam. Hingga kemudian ayahnya meninggal dunia. Lizzy dipenuhi duka, namun itulah saat dimulainya perjalanan Lizzy menuju Islam.

Lizzy tak tahu pasti kapan ia mulai memiliki keinginan kembali untuk menjadi muslim. Ia hanya teringat akan ketertarikannya pada Islam di masa lalu. “Semuanya datang begitu saja, secara tiba-tiba, walaupun sesungguhnya aku selalu mengharapkan itu,” kata Lizzy.

Lizzy pun selalu bermimpi menjadi seorang muslim. Ia kemudian mampu menjawab pertanyaannya yang terus di benaknya sejak dulu. Pertanyaan apa sebetulnya yang menjadi keinginannya. Lizzy pun tahu, bahwa keinginannya adalah hidup damai menjadi seorang muslimah.

“Ini adalah keinginanku. Ini adalah mimpiku sejak dulu yang baru kuketahui setelah aku memahami apa yang sebetulnya aku inginkan,” kata sang aktris.

Pergi ke Tanah Suci
Lizzy pun tak ragu untuk segera memeluk Islam. Ia juga segera berkeinginan menuju tanah suci. Tahun ini, Lizzy pun baru saja menunaikan ibadah haji. Perjalanannya menuju tanah suci dimaknai Lizzy sebagai penobatannya menjadi muslim. “Aku telah menobatkan perjalananku menuju Islam dengan ziarah ke tanah suci,” tuturnya.

Lizzy memperlihatkan fotonya sepulang haji dengan balutan busana muslimah dan berjilbab rapi. Ia sangat gembira. Senyumnya merekah bak bunga di musim semi. Foto tersebut pun yang kemudian beredar di kalangan penggemarnya. Sontak, gosip pun merajalela menyudutkan Lizzy.

Dua Tantangan
Setelah fotonya beredar, Lizzy pun mengumumkan keislamannya. Ia bahkan mengabarkan penggantian namanya menjadi Aisha. Dunia hiburan Nigeria pun heboh. Para penggemar Lizzy sangat terkejut.

Gosip media Nigeria tentang Lizzy pun bermunculan. Ia dikabarkan memeluk Islam karena bertunangan dengan pria muslim. Para penggemarnya pun menganggap Lizzy memeluk Islam bukan karena keinginan pribadi, melainkan tuntutan calon suami.

Lizzy pun dengan tegas menolak kabar tersebut. Ia dengan tulus memeluk agama Islam, tak berkaitan dengan pertunangannya. “Itu tidak benar bahwa tobat saya pada Islam hanya karena tunangan saya muslim,” ujar Lizzy sedih.

Meski mendapat gosip yang tak sedap, Lizzy masih mendapat dukungan dari beberapa fans setianya. Mereka menghormati keputusan Lizzy untuk menjadi muslimah. Mereka bahkan membela Lizzy bahwa artis favorit mereka tersebut menjadi mualaf karena Islam memang bagian dari mimpi hidupnya.

Tak hanya tantangan gossip, tantangan berjilbab pun mendera Lizzy. Ia telah belajar berjilbab saat pergi ke tanah suci. Namun belum ada kabar dari Lizzy apakah ia akan terus berjilbab saat syuting mengingat karirnya yang juga sebagai model ternama di Nigeria. Para penggemar setianya berharap, Lizzy dapat mempertahankan jilbabnya namun tetap aktif di dunia hiburan.

“Saya ikut bahagia dengan keislamannya. Tapi, sebagai sesama muslim, saya berharap dia dapat mempraktekkan syariat Islam dan mengakui fakta bahwa Islam adalah agama indah dengan kode etik (berjilbab bagi muslimah),” ujar seorang penggemarnya, Shakirah Adedo.


Related Post:

Blogger Template by BlogTusts Sticky Widget by Kang Is Published by GBT.

No comments:

Post a Comment